SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG

Selasa, 23 April 2013

Tata Gerak dan Olah Nafas


Mer­pati Putih meng­gu­nakan tenaga dalam asli manu­sia, den­gan teknik olah napas. Pada orang biasa, tenaga asli terse­but dapat dil­i­hat dan digu­nakan hanya pada saat orang bersangku­tan dalam kon­disi ter­de­sak saja. Misal: melom­pat pagar saat anjing menge­jarnya di jalan yang buntu. Dalam keadaan kem­bali nor­mal / tidak ter­de­sak, orang terse­but serasa tidak per­caya telah melom­pati pagar [...]
Mer­pati Putih meng­gu­nakan tenaga dalam asli manu­sia, den­gan teknik olah napas. Pada orang biasa, tenaga asli terse­but dapat dil­i­hat dan digu­nakan hanya pada saat orang bersangku­tan dalam kon­disi ter­de­sak saja. Misal: melom­pat pagar saat anjing menge­jarnya di jalan yang buntu. Dalam keadaan kem­bali nor­mal / tidak ter­de­sak, orang terse­but serasa tidak per­caya telah melom­pati pagar yang tinggi terse­but. Maka di dalam Pen­cak Silat ini, bagaimana meng­gu­nakan tenaga ekstra asli manu­sia terse­but pada saat nor­mal, kapan­pun dan dimanapun.
Secara nor­mal sel dalam tubuh manu­sia meng­hasilkan zat yang bernama Adeno­sine Triphospate (A.T.P) yang meru­pakan cadan­gan energi dalam tubuh. Maka den­gan ban­tuan teknik olah napas, tenaga tersem­bunyi manu­sia itu dapat di latih untuk diper­oleh dan dikumpulkan di dalam tubuh. Ada teknik olah napas di dalam PPS Betako Mer­pati Putih :
  1. Per­na­pasan Pembinaan.
  2. Per­na­pasan Pengolahan.
Juga Ada beber­apa Teknik jurus (dise­but den­gan rangka­ian gerak) diantaranya adalah Gerak Dasar,Tangkap kunci, Rangka­ian Gerak Prak­tis (RGP), Rangka­ian Ger­akan Terikat (RGT) dan Rangka­ian Ger­akan Bebas (RGB).
Hasil olah gerak dan olah napas ini kemu­dian dapat dio­lah men­jadi tenaga ‘getaran’.
Uru­tan pema­haman ger­akan pada Mer­pati Putih adalah: Gerak Dasar –> Gerak Pen­gara­han –> Gerak Naluri (plus getaran).
Selain dari Diri Sendiri (energi badan), pengam­bi­lan energi getaran di Pen­cak Silat Mer­pati Putih ini dapat pula diam­bil dari alam seperti dari Bumi (energi tanah juga pohon yang beru­sia amat tua), atau bahkan energi dari Angkasa (energi bin­tang, mata­hari ataupun bulan.
Beber­apa tahun belakan­gan, ilmu tenaga dalam Mer­pati Putih yang men­gan­dung energi dan getaran ini telah dis­e­lidiki lebih jauh secara ilmu penge­tahuan dan dikem­bangkan juga untuk pen­go­b­atan serta untuk kepentin­gan orang tuna netra, agar mereka bisa mem­baca, mem­be­dakan dan men­ge­nali warna serta dapat mem­per­mu­dah segala aktiv­i­tas lain­nya sehari-hari.Pola lati­han Mer­pati Putih sudah diteliti oleh ilmuwan sejak mulainya Operasi Seta I (1972) bersama den­gan para Taruna Militer den­gan hasil bahwa metode lati­han Mer­pati Putih meng­hasilkan pola yang ham­pir sama den­gan aer­o­bik plus dita­m­bah muncul­nya tenaga tam­ba­han. Secara aktif diteliti efeknya pada tubuh manu­sia oleh para dokter-dokter spe­sialis di Yayasan Jan­tung Sehat. Getaran juga diu­ji­cobakan pada Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) untuk mende­teksi radi­asi nuk­lir. Hasil­nya, getaran Mer­pati Putih dapat lebih cepat digu­nakan untuk mende­teksi radi­asi nuk­lir diband­ing alat yang digu­nakan oleh BATAN.
Pada Markas Polisi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Mapolda Metro­Jaya) getaran Mer­pati Putih diu­ji­cobakan untuk mende­teksi narkoba yang dis­em­bun­yikan pada mobil, kan­tong per­oran­gan, lemari, dan banyak tem­pat. Hasil­nya, pesi­lat berhasil menun­jukkan den­gan sem­purna lokasi peny­im­panan narkoba terse­but. Belum lama ini (2009), bek­erja sama den­gan Pemer­in­tah Propinsi DKIJakarta, getaran Mer­pati Putih digu­nakan untuk mende­teksi kerusakan Daerah Ali­ran Sun­gai (DAS) di sep­a­n­jang Cili­wung. Tahun 2010 sedang diu­payakan ker­jasama den­gan Palang Merah Inter­na­sional untuk masuk di dalam tim ban­tuan pen­car­ian kor­ban ben­cana alam.Hingga kini terus dikem­bangkan untuk masuk pada aspek-aspek kemanu­si­aan lainnya.
sum­ber: http://www.ppsbetakomerpatiputih.com

0 komentar:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA, SEMOGA HARI-HARIMU MENYENANGKAN